Rabu, 28 Oktober 2009

Prosesor terbaru

Setelah memperkenalkan dan meluncurkan Prosesor Intel Centrino 2--prosesor berteknologi mutakhir untuk laptop--pada Juli lalu, Intel Corporation kembali memperkenalkan produk terbarunya pada Senin kemarin. Kali ini perusahaan peranti komputer yang berpusat di California, Amerika Serikat, itu memperkenalkan prosesor seri Intel Core terbaru setelah Prosesor Intel Core 2 Duo.
Prosesor untuk komputer desktop yang sebelumnya dikenal dengan nama kode Nehalem ini secara resmi hadir dengan nama Prosesor Intel Core i7. Dinamakan demikian karena ia mengusung identifier i7, teknologi terbaru dari Intel. Intel Core i7 menjadi produk pertama dari beberapa prosesor dengan teknologi yang sama, yang akan diluncurkan hingga tahun depan.
Seperti beberapa seri prosesor yang diluncurkan terdahulu, Intel Core i7 juga hadir dengan versi Extreme Edition. Produk ini menurut pihak Intel akan membawa performa tinggi pada komputer sekaligus membuatnya semakin hemat energi. Padahal biasanya jika performa semakin tinggi, kebutuhan energinya semakin besar.
Kemajuan teknologi ini sama dengan yang diusung Prosesor Intel Centrino 2, yang baru diperkenalkan di Indonesia pada pekan lalu. Intel Core i7 juga memiliki teknologi proses 45 Nanometer seperti Centrino 2. Proses 45 Nanometer ini akan menghasilkan kualitas tampilan gambar di monitor jauh lebih baik, seperti memutar video definisi tinggi.
Dengan berbagai kelebihan itu, terutama fitur hemat energinya, prosesor ini tentu diperlukan oleh perusahaan yang sedang melakukan penghematan energi dalam pemakaian komputernya.
Dengan kelebihan itulah Intel Corporation mengklaim Prosesor Intel Core i7 akan memperpanjang kepemimpinan mereka dalam teknologi prosesor laptop, desktop, dan perangkat server. Merek ini akan menjadi pemimpin ke depan untuk teknologi prosesor PC, kata Sean Maloney, Wakil Presiden Eksekutif sekaligus General Manager Sales and Marketing Group Intel Corporation.
Menurut Sean, mulai saat ini Intel Core i7 akan difokuskan pada sumber-sumber pemasaran yang lebih banyak menggunakan prosesor Intel Core. Prosesor Intel telah mendapat perhatian luas dan menjadi pilihan konsumen perangkat komputer sejak bertahun-tahun lalu. "Keluarga prosesor Intel Core ini tetap akan menjadi pilihan logis," begitulah pernyataan Intel dalam rilisnya.
Untuk produk prosesor yang bakal menjadi andalannya ini, Intel membedakannya dalam dua warna logo. Logo berwarna biru untuk Prosesor Intel Core i7, dan hitam untuk Intel Core i7 Extreme Edition. Prosesor berbasis teknologi microarhitecture itu diharapkan mulai diproduksi pada kuartal keempat tahun ini.
Prosesor Intel Core i7 akan memiliki fitur Intel Hyper-Threading yang mengusung teknologi multi-threading simultan. Pihak Intel belum memberi penjelasan teknis yang lengkap tentang produk anyarnya ini. Namun dalam situs PC Magazine disebutkan, prosesor ini memiliki dua hingga delapan cores (inti).
Intel Core i7 juga mempunyai Quick Path Interconnect, sistem antarkoneksi dengan proses berkecepatan tinggi, lebih dari 25 gigabit per detik, per-link. Dengan kemampuan kecepatan proses itu, Intel Core i7 yang mempunyai peranti AMD (Advanced Micro Devices) mutakhir menjadi pengontrol memori yang lebih terintegrasi.
Pihak Intel Corporation memang belum memberi penjelasan lengkap tentang Intel Core i7. Sebab, menurut rencana, perusahaan raksasa tersebut baru akan memberi penjelasan rinci tentang produk ini pada ajang "Intel Developer Forum" di San Fransisco, 19 Agustus mendatang.DIMAS | PCMAGAZINE | EETIMES | I4U |

0 komentar:

Digital Clock

Date and Time


 

Design by wanted @ Blogger Buster